Senin, 10 Agustus 2015

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat merupakan salah satu cara yang banyak dicari. Ini menandakan bahwa jerawat memang merupakan salah satu masalah umum yang dialami oleh masyarakat khususnya remaja. Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang cukup mengganggu pasalnya jerawat ini biasanya berukuran besar sehingga membuat wajah tidak sedap dipandang. Oleh karenanya jerawat batu harus dibasmi, nah bagaimana cara mengatasi jerawat batu ini dengan cepat dan alami? Penasaran? Baca sampai habis ya!

Cara menghilangkan jerawat batu alami cepat image

Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Cepat dan Alami

Jerawat batu atau yang memiliki nama latin Cystic Acne adalah salah satu jenis jerawat yang memiliki ukuran besar, memiliki ukuran besar karena terjadi peradangan yang sangat hebat disekitar jerawat sehingga membuat ukuran jerawat tersebut tampak lebih besar dari jerawat pada umumnya. Selain itu jerawat ini merupakan jenis jerawat yang menyakitkan dan dapat tumbuh dimana saja. Jika anda menderita jerawat seperti ciri-ciri diatas maka bisa dipastikan anda sedang terkena jerawat batu, nah sebelum kita membahas cara mengobati jerawat batu ada baiknya kita tahu penyebab - penyebab jerawat batu.

Penyebab Munculnya Jerawat Batu


1. Kurang Menjaga Kebersihan (Higienis)
Kurangnya memperhatikan aspek kebersihan bisa jadi penyebab munculnya jerawat. Mungkin pada awalnya hanya muncul jerawat kecil-kecil namun jika dibiarkan bisa semakin banyak dan membesar. Apalagi jika kita sering memencetnya menggunakan kuku atau alat lain yang tidak higienis maka akan menyebabkan jerawat batu dan bisa berakibat fatal.

2. Faktor Keturunan (Gen)
Faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab jerawat batu ini. Jika orang tua anda memiliki kelenjar minyak yang berlebih atau bisa disebut kelenjar minya over aktif, maka bisa jadi itu juga diturukan ke anda.

3. Kulit Wajah yang Sensitif Pada Radang
Ada jenis-jenis kulit tertentu yang lebih peka terhadap peradangan. Sehingga dapat menjadi sangat fatal sekali meskipun terkena sedikit peradangan. Salah satu contohnya pada kulit wajah yang sedang menderita jerawat ketika terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit, jika kulit tersebut sensitif terhadap peradangan maka dapat mengakibatkan jerawat batu.

4. Tidak Normalnya Pertumbuhan Sel Kulit
Sel kulit yang normal ketika terjadi sel-sel kulit mati maka dengan cepat kulit akan beregenerasi kembali. Akan tetapi jika pada kulit dengan pertumbuhan yang tak normal, sel-sel kulit mati akan lebih lambat beregenerasi sehingga akan menumpuk dan terjadilah peradangan yang mengakibatkan munculnya jerawat batu.

Cara Mengobati Jerawat Batu Secara Alami


1. Mengobati Jerawat dengan Bawang Putih
Bawang putih salah satu bumbu dapur yang cukup penting ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita salah satunya dapat digunakn untuk mengobati jerawat. Cara mengobati jerawat batu dengan bawang putih cukup mudah, caranya potong kecil-kecil bawang putih tersebut kemudian oleskan pada seluruh wajah terutama wajah yang berjerawat. Bawang putih mampu mencegah munculnya jerawat batu yang baru dengan menghentikan proses peradangan. Sehingga selain dapat menyembuhkan jerawat juga mencegah munculnya jerawat batu. Lakukan dengan rutin hingga jerawat batu benar-benar sembuh!

2. Obati Jerawat dengan Sidaguri
Cara mengobati jerawat batu menggunakan sidaguri adalah melakuakn penguapan pada wajah. Caranya cukup mudah sekali anda tingga merebus sidaguri dengan 2-3 gelas air sampai mendidih, kemudian posisikan wajah anda diatas wadah yang berisi rebusan sidaguri tersebut. Lakukan ini secara rutin 1 atau 2 hari sekali untuk hasil yang efektif.

3. Atasi Jerawat dengan Kentang
Cara yang dapat anda pakai untuk menyembuhkan jerawat batu dengan kentang adalah dengan cara memakainya sebagai masker. Blenderlah kentang tersebut hingga hancur dan gunakan sebagai masker, diamkan beberapa saat hingga mengering, setelah itu bilas dengan air hangat. Dengan melakukan ini secara teratur Insya Allah jerawat batu anda akan sembuh.

4. Tanaman Mahkota Dewa
Tanaman mahkota dewa memiliki khasiat yang sangat efektif terhadap jerawat. Ketika jerawat batu anda mulai meradang maka segeralah haluskan buah, daun atau umbi mahkota dewa kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat. Tanaman mahkota dewa memiliki kandungan anti iritan dan anti radang sehingga sangat efektif untuk meredakan peradangan dan membasmi jerawat.

5. Basmi Jerawat dengan Mengkudu
Mengkudu yang merupakan salah satu buah kaya khasiat dengan aroma khas ini juga dipercaya dapat menyembuhkan jerawat batu. Cara mengobati menggunakan mengkudu adalah dengan cara di jus sehingga bisa disebut pengobatan dari dalam. Cara membuat jus mengkudu blender terlebih dahulu buah mengkudu dengan menambahkan sedikit gula batu, setelah itu saring dan panaskan hingga mendidih kemudian minumlah selagi masih hangat. Buah mengkudu dan gula batu memiliki khasiat untuk membersihkan darah kotor pada wajah. Cara ini bisa kombinasikan dengan cara lain yang merupakan pengobatan dari luar jika menginginkan hasil yang lebih efektif.

Demikianlah cara mengobati jerawat secara alami yang bisa anda coba, akan tetapi karena jerawat batu ini merupakan salah stau jenis jerawat yang cukup membandel maka solusinya adalah dengan melakukan konsultasi langsung ke dokter. Sehingga bisa mendapatkan penanganan terbaik demi kesembuhan jerawat batu anda. Selanjutnya jika jerawat anda telah sembuh maka yang harus anda lakukan berikutnya adalah melakukan pencegahan.

Pencegahan Terhadap Jerawat Batu


  1. Hindari makanan yang berkolesterol tinggi, berlemak, mengandung alkohol, cabe atau yang pedas-pedas, gorengan.
  2. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
  3. Selalu menjaga kebersihan wajah dengan melakukan cuci muka yang rutin dan juga menjelang tidur.
  4. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan kosmetik.
  5. Perbanyak minum air putih serta cobalah untuk meminum teh herbal dipagi hari.
  6. Memakai masker dari buah-buahan alami yang memiliki khasiat mencegah jerawat dan buah-buah lain seperti wortel, tomat, jeruk nipis, bengkoang dan lain-lain.


Nah demikianlah cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat, semoga dengan menerapkan cara diatas jerawat anda bisa segera sembuh. Jika suka dengan artikel ini jangan lupa like facebook dan google plus ya! Semoga bermanfaat.

Related Posts

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Cepat
4/ 5
Oleh