Sabtu, 22 Agustus 2015

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Penyebab dan cara mengatasi jerawat di punggung berikut ini merupakan salah satu artikel kami yang mengulas seputar jerawat yang tumbuh di punggung. Jerawat yang muncul dipunggung memang tak terlihat namun ketika kita melakukan aktifitas yang mengharuskan membuka baju seperti berenang contohnya jerawat pasti akan terlihat juga. Dimana pun letaknya jerawat memang sangat mengganggu dan membuat kita jadi kurang percaya diri. Selain itu jerawat yang muncul di punggung membuat kita tidak nyaman ketika beraktifitas karena sering tiba-tiba gatal. Dan pada kesmepatan kali ini kami akan mengulas permasalah jerawat dipunggung ini mulai dari penyebab dan cara mengatasinya secara aman sehingga tidak menimbulkan bopeng bekas jerawat.

Penyebab cara mengatasi jerawat punggung image

Penyebab Jerawat Muncul di Punggung dan Dada

Sebelum kita mengulas cara mengobati jerawat di punggung ada baiknya kita juga tahu penyebabnya berikut ini :

#1 Keringat
Keringat yang keluar karena aktifitas berat seperti olahraga atau kegiatan lain diluar ruangan akan membuat punggung jadi lembab sehingga memicu munculnya jerawat, apalagi jika anda kurang menjaga kebersihan tubuh anda sendiri.

#2 Memakai Kondisioner
Kondisioner memang dipakai pada rambut namun kandungan silikon pada kondisioner juga dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karenanya saat menggunakan kondisioner usahakan jangan sampai mengenai kulit punggung anda.

#3 Memakai Pelembut dan Pewangi Pakaian
Pelembut atau pewangi pakain juga dapat memicu timbulnya jerawat, itu karena pada tipe kulit tertentu tidak cocok dengan bahan pewangi atau pelembut pakaian sehingga menimbulkan iritasi yang dapat mengakibatkan jerawat.

#4 Penggunaan Tas
Tas sebenarnya bukan merupakan salah satu penyebab jerawat namun penggunaan tas dengan beban yang berat mampu menghambat keringat dan membuatnya terkunci pada bagian tubuh tertentu sehingga dapat memicu timbulnya jerawat. Jika anda memakai tas sebaiknya memilih tas dengan tali yang tipis.

#5 Pemakaian Pakaian Yang Kurang Tepat
Jerawat dipunggung atau dada juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan pakaian yang kurang sesuai. Misalnya menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau dari bahan-bahan yang tidak mudah menyerap keringat dan mudah panas.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Sudah tahu sebab-sebab munculnya jerawat dipunggung? Dengan mengetahui penyebabnya kita dapat mengantisipasi dan melakukan pencegahan. Namun bagi anda yang sudah terlanjur terkena jerawat pada punggung anda maka berikut cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di punggung anda :

#1 Menjaga Kebersihan Tubuh
Pada intinya penyebab jerawat ialah kurangnya menjaga kebersihan kulit yang selanjutnya bercampur dengan bakteri dan menimbulkan jerawat. Cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan kulit punggung ialah dengan mandi menggunakan sabun kesehatan atau sabun anti bakteri.

#2 Melakukan Scrub
Melakukan scrub secara teratur bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga tidak terinfeksi oleh bakteri yang mengakibatkan jerawat. Anda bisa melakukan scrub dengan butiran yang halus secara teratur misal 1 minggu sekali. Dengan scrub anda dapat meminimalisir iritasi pada kulit punggung namun jangan juga terlalu sering karena jika terlalu sering juga kurang baik bagi kulit. Dosis aman scrub teratur ialah 1 minggu sekali. Akan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan jika jerawat belum meradang sampai parah atau membentuk jerawat batu, jika sudah terlalu parah maka akan berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi pada peradangan yang terjadi.

#3 Memakai Putih Terlur
Telur memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh salah satunya dapat mengobati jerawat. Caranya pisahkan putih telur dan kuning telurnya kemudian putih telur ini dioleskan pada bagian punggung yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Cara ini bisa dilakukan secara rutin menjelang mandi.

#4 Memakai Buah Tomat
Buah tomat bisa dijadikan alternatif pengganti scrub. Caranya siapkan buah tomat yang matang dan haluskan dengan blender, setelah itu oleskan pada kulit punggung yang berjerawat dan biarkan hingga mengering setelah itu bilas dengan air bersih.

#5 Menggunakan Obat Aspirin
Aspirin merupakan obat penurun demam yang paling umum digunakan, akan tetapi obat ini juga dapat menghilangkan jerawat di punggung karena mengandung anti flamasi. Caranya ialah dengan menghaluskan aspirin dan mencampurnya dengan air secukupnya, setelah itu oleskan pada kulit punggung dan biarkan sekitar 15-20 menit selanjutnya bilas menggunakan air es.

#6 Menggunakan Kulit Jeruk
Sepeti yang kita tahu bahwa jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tertinggi. Yang akan kita manfaatkan dari buah ini adalah kulitnya yang dipercaya dapat menggobati jerawat pada punggung. Caranya adalah rendam kulit jeruk yang telah mengering kedalam air kemudian haluskan menggunakan blender dan tambahkan bebera sendok susu, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit dan bilas menggunakan air dingin atau air es.

#7 Memakai Buah Lemon
Buah lemon dapat mengobati jerawat pada punggung beserta bekasnya yakni berupa noda atau flek hitam karena buah lemon mengandung Vitamin B, Vitamin C, karbohidrat serta fosfor. Caranya adalah dengan memeras satu buah lemon yang dicampur dengan sedikit air, lalu oleskan pada permukaan kulit punggung yang berjerawat menggunakan kapas atau kain halus. Diamkan hingga kering dan bilas menggunakan air bersih sesudahnya.

Demikianlah sedikit ulasan penyebab dan cara mengatasi jerawat di punggung yang dapat kami bagikan. Semua cara diatas tidak ada yang instan melainkan memerlukan proses. Jika dilakukan dengan rutin Insya Allah jerawat pada punggung anda akan berkurang dan akan sembuh. Cara-cara diatas sudah banyak dibuktikan dan terbilang cukup efektif serta aman dan bebas resiko daripada memakai obat yang mengandung bahan kimia karena cara diatas adalah cara menghilangkan jerawat secara alami.

Related Posts

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Punggung
4/ 5
Oleh