Selasa, 25 Agustus 2015

20 Jenis Obat Tradisional Alami Untuk Menghilangkan Jerawat

20 Jenis obat tradisional alami untuk menghilangkan jerawat berikut ini adalah kumpulan beberapa obat alami yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi jerawat. Oleh karenanya jika anda memiliki masalah dengan jerawat anda bisa mencoba salah satu ramuan dibawah ini, selain menggunakan alami juga bebas resiko bagi wajah anda.

Apa itu jerawat? Dan apa saja penyebab jerawat itu? dua pertanyaan tersebut sebenarnya telah terjawab pada artikel yang kami tulis sebelumnya. Memang sangat penting untuk mengetahui seputar jerawat dan jenis-jenisnya serta penyebab mengapa jerawat bisa muncul. Dengan tahu akan hal itu tentu membuat kita jadi lebih paham bagaimana melakukan penanganan yang tepat sehingga tak bertambah parah.

Mengobati jerawat menggunakan obat-obatan alami yang merupakan bahan-bahan tradisional dari alam merupakan cara terbaik yang bisa dicoba. Karena bahan-bahan alami mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Selain itu bahan alami lebih mudah didapatkan dan lebih murah jika dibandingkan dengan obat kimia. Menggunakan obat-obatan berbahan kimia memang tak dilarang namun sebaiknya harus sesuai resep dokter.

Cara menghilangkan jerawat obat tradisional image

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional Dengan 20 Jenis Obat Alami

Dan bagi anda yang penasaran akan jenis-jenis tanaman apa yang memiliki khasiat untuk mengobati jerawat, berikut beberapa jenis obat tradisonal untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya pada wajah.

#1 Kayu manis dan Madu
Dua bahan ini merupakan kombinasi obat yang mujarab, fungsi utamanya memang bukan untuk menyembuhkan jerawat namun untuk membunuh bakteri dan sebagai antibiotik agar jerawat tidak semakin parah akibat infeksi dari bakteri.
Cara pemakaian :
Bersihkan wajah menggunakan air bersih lalu keringkan. Campurkan 1 sendok makan kayu manis dengan 2 sendok madu hingga berbentuk seperti pasta. Jadikan sebagai masker dan pakai sekitar 10-15 menit, setelah itu cuci dengan air bersih.

#2 Madu dan Susu/Yogurt
Susu dan yogurt memiliki khasiat yang bagus untuk kulit bahkan rahasia kecantikan ratu cleopatra adalah sering mandi menggunakan susu.
Cara pemakaian :
Campur 1 sendok makan susu/yogurt dengan 1 sendok makan madu kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, oleskan berkali-kali hingga menebal kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air bersih.

#3 Pasta Kulit Jeruk
Vitamin C pada kulit jeruk memiliki khasiat yang bagus untuk menghilangkan jerawat, selain itu kulit jeruk juga memiliki fungsi untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang telah mati.
Cara pemakaian :
Blender kulit jeruk yang dicampur dengan sedikit air hingga lembut. Kemudian bersihkan wajah dengan air dan keringkan. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah dan diamkan selama 20-25 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

#4 Putih Telur
Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang berupa noda atau flek hitam bekas jerawat.
Cara pemakaian :
Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya kemudian kocok hingga berbusa. Oleskan pada wajah anda berulang kali setiap mengering dan diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat menggunakan handuk.

#5 Cuka Apel
Cuka apel memiliki khasiat yang baik untuk wajah yakni dapat menyeimbangkan PH serta mencegah pertumbuhan bakteri. Cuka apel boisa jadi salah satu obat ampuh dalam mengatasi jerawat.
Cara pemakaian :
Sebelum memakai cuka apel usahakan untuk membersihkan wajah anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan. Kemudian oleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya bersihkan menggunakan air bersih dan gunakan pelembab jika kulit terasa kering.

#6 Lidah Buaya
Lidah buaya yang banyak dipakai untuk rambut ini ternyata juga bagus untuk mengobati jerawat membandel. Lidah buaya mempunyai sifat anti bakteri dan dapat menenangkan serta memiliki sifat anti inflamasi.
Cara Pemakaian :
Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan terlebih dahulu. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya, usahakan untuk tetap bersih dari getahnya karena dapat mengakibatkan gatal di kulit. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih atau air hangat.

#7 Pepaya
Pepaya juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan jerawat. Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang disebut papain yang memiliki fungsi mengurangi peradangan dan mencegah munculnya nanah. Buah pepaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih lembut dan halus.
Cara pemakaian :
Sediakan 1 buah pepaya kemudian tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan menggunakan air secara merata. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat.

#8 Kulit Pisang
Selain buahnya yang baik untuk kesehatan ternyata kulit pisang juga memiliki fungsi yang baik untuk menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung lutein sebuah antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, peradangan serta mendorong sel-sel baru. Dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat saja sudah bisa meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan jerawat.
Cara pemakaian :
Siapkan kulit pisang jenis apa saja, kemudian gosokkan pada wajah yang berjerawat secara melingkar. Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan diamkan dengan air bersih.

#9 Stroberi dan Madu
Buah stroberi memiliki kandungan kadar asam salisilat tinggi yang dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Asam ini berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menetralisir bakteri sehingga tak menyebabkan infeksi.
Cara pemakaian :
Pertama anda bersihkan wajah anda terlebih dahulu menggunakan air bersih kemudian keringkan dengan handuk. Campurkan 3 buah stroberi yang telah dihancurkan dengan 2 sendok makan madu hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah anda hingga merata selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan dengan air bersih setelahnya.

#10 Jus lemon
Lemo mengandung vitamin c dan asam nitrat yang berfungsi untuk mengobati jerawat serta membantu pengelupasan kulit.
Cara pemakaian :
Siapkan jus lemon kemudian oleskan pada wajah menggunakan kapas. Jika terasa perih anda dapat menambahkan sedikit yogurt kedalam jus tersebut. Diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian bilas dengan air bersih hingga bersih.

#11 Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh dapat melarutkan sebum dan sel-sel kulit mati yang dapat mencegah terjadinya infeksi di bagian bawah permukaan kulit serta mencegah terjadinya infeksi.
Cara pemakaian :
Encerkan minyak pohon teh dengan cara mencampurnya dengan air dengan perbandinga 1:9 (minyak teh 1 tetes banding air 9 tetes). Kemudian sebelum pemakaian bersihkan wajah anda terlebih dahulu menggunakan air bersih setelah itu oleskan pada wajah anda menggunakan kapas hingga merata. Diamkan beberapa saat hingga mengering dan bersihkan menggunakan air setelahnya.

#12 Daun Mint
Mint mmeiliki kandungan mentol yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan penghilang nyeri pada jerawat. Mint memang tidak bisa menyembuhkan jerawat namun bisa mmebantu menghilangkan efek kemerahan pada wajah dan juga dapat meredakan pembengkakan yang diakibatkan jerawat.
Cara pemakai :
Hancurkan terlebih dahulu daun mint menggunakan blender atau bisa ditumbuk sendiri. Setalh itu bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan baru setelahnya oleskan pada wajah daun mint yang telah halus tadi dan diamkan selama 10-15 menit. Bersihkan dengan air dingin dan lakukan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

#13 Kentang
Kentang kaya akan kandungan sulfur, kalium, klorida dan fosfor yang sangat baik untuk wajah dan dapat menyembuhkan jerawat yang membandel. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada kentang dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menyehatkannya.
Cara pemakaian :
Parut 1 buah kentang kemudian gosokkan pada wajah yang telah dibersihkan dengan air kemudian diamkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

#14 Mandi Uap
Uap memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh manusia salah satunya dapat mengobati jerawat. Cara ini bisa anda lakukan dengan mengunjungi steam yang ada di gym-gym namun jika anda tak terbiasa mengunjungi tempat-tempat tersebut berikut ini adalah alternatif mandi uap secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional.
Caranya :
Rebus air hingga mendidih kemudian tuangkan kedalam mangkuk atau wadah besar. Biarkan sesaat sampai suhu air menurun sedikit atau kira-kira sudah tak terlalu panas lagi. Dan posisikan wajah anda diatas mangkuk tersebut serta taruhlah handuk diatas kepala anda. Biarkan uap air panas tersebut membasahi wajah anda sekitar 10-15 menit dan bersihkan air pada wajah sesudahnya menggunakan handuk tadi. Jika dilakukan secara rutin dapat menyembuhkan jerawat.

#15 Masker Baking Soda (Sodium Bicarbonat)
Baking soda atau yang memiliki nama lain sodium bicarbonat mempunyai kandungan antideptik yang dapat melawan bakteri dan jamur pada jerawat serta dapat mengeringkan minyak berlebih pada kulit.
Cara pemakaian :
Campurkan satu kotak baking soda dengan air hingga menjadi seperti pasta. Kemudian oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 2 menit. Diamkan terlebih dahulu selama 15-20 menit dan bilas setelahnya menggunakan air bersih.

#16 Oatmeal
Oatmeal mampu menghilangkan jerawat baik dari luar maupun dari dalam.
Cara pemakaian :
Siapkan oatmeal seperti biasanya, dan ketika masih panas tambahkan 2 sendok makan madu dan diamkan sesaat hingga dingin. Selanjutnya oleskan secara menyeluruh pada wajah terutama pada bagian-bagian yang berjerawat dan diamkan selama 20-30 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat dan keringkan.

#17 Bawang Putih
Bawang putih memiliki sifat anti bakteri yang sangat ampuh dalam melawan jerawat.
Cara pemakaian :
Ekstrak bawang putih kemudian campur dengan 1 sendok teh air tawar. Gunakan kapas untuk mengolaskannya pada seluruh permukaan wajah. Diamkan sesaat hingga mengering dan bilas setelahnya.

#18 Scrub Gula
Gula putih memiliki khasiat untuk menyingkirkan sel-sel kulit berlebih yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori pada wajah. Mencampur gula, madu, air dan minyak zaitun bis amenjadi salah satu obat mujarab untuk membasmi jerawat.
Bahan-bahan :
1 ½ cangkir gula putih
1 ½ cangkir gula merah
1/2 cangkir minyak zaitun ekstra virgin
2-3 sendok makan garam laut kasar
1 kacang vanili
10 sendok makan eksrak vanili murni

Cara pemakaian :
Campurkan 1 ½ cangkir gula merah dengan 1 ½ cangkir gula tambahkan 2 sendok makan garam laut dan aduk hingga merata. Jika anda ingin menambahkan kacang vanili anda bisa mengupasnya terlebih dahulu dan mencampurkannya pada campuran tersebut. Setelah semua bahan dicampur tambahkan minyak zaitun dan biarkan beberapa saat. Setalh itu gunakan sebagai scrub pada wajah anda dan diamkan sekitar 15-20 menit dan bersihkan dengan air bersih setelahnya.

#19 Alpukat dan Madu
Banyak yang beranggapa bahwa buah alpukat dapat menyebabkan jerawat namun sampai saat ini belum terbukti apakah itu benar atau tidak. Akan tetapi kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah alpukat ini ternyata baik untuk menyembuhkan jerawat. Ditambah dengan madu makan akan menjadi obat jerawat yang cukup manjur.
Cara pemakaian :
Campurkan buah alpukat dengan madu hingga berbentuk seperti pasta kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diakan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih setelahnya.

#20 Teh Hijau
Teh hijau sangat baik digunakan untuk menyembuhkan jerawat secara internal dengan cara dikonsumsi sebagai minuman atau cara ekternal yakni dengan cara menyemprotkannya diwajah.
Cara pemakaian :
Bersihkan wajah anda terlebih dahulu kemudian keringkan. Siapkan satu mangkuk berisi air lalu masukkan daun teh hijau kedalam mangkok tersebut dan didihkan. Selanjutnya diamkan sampai agak dingin dan gunakan pada wajah anda, bisa dengan disemprot maupun mengoleskannya dengan lembut pada wajah menggunakan kain atau kapas.

Nah, demikianlah 20 jenis obat tradisional alami untuk menghilangkan jerawat yang bisa anda coba dirumah. Dengan menggunakan bahan-bahan alami tentu akan mengurangi resiko terhadap kesehatan wajah anda. Selain itu untuk bis amaksimal dalam menangani jerawat anda harus tahu penyebab jerawat dan jenis-jenis jerawat itu apa saja? Sehingga dapat menangani dnegan cara yang tepat. Karena jerawat ada banyak sekali jenisnya mulai dari komedo, jerawat batu dan masih banyak lagi.

Related Posts

20 Jenis Obat Tradisional Alami Untuk Menghilangkan Jerawat
4/ 5
Oleh